Jasa Ekspedisi

  1. POS Indonesia

Jasa ekspedisi ini memang pantas berada di urutan pertama. Karena jasa ini sudah melayani pengiriman dokumen maupun barang selama berpuluh tahun. Selain itu, Pos Indonesia juga menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

Dengan pengalaman puluhan tahun ini, Pos Indonesia sudah mengalami pergantian nama berkali-kali. Dulu diberi nama Jawatan PTT, Perusahan Negara Pos dan Telekomunikasi, dan beberapa nama lainnya. Kini kita mengenalnya dengan nama PT. Pos Indonesia.

Jika dibanding dengan jasa ekspedisi lain yang belum lama lahir, Pos Indonesia masih berada di garda paling depan. Perusahaan ini sudah memilki 24 ribu titik layanan di seluruh kabupaten hingga kecamatan di Indonesia. Bahkan di wilayah terpencil sekalipun.

Pelayanannya bukan hanya pengiriman secara konvensional. Kini, Pos Indonesia sudah mengikuti perkembangan dunia digital dengan menfaatkan pos online. Adanya mobile postal service tentu menjadi inovasi layanan tersendiri bagi jasa pengiriman tertua di Indonesia ini.

  1. JNE

Nama jasa ekspedisi ini tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Khususnya bagi yang suka belanja online, JNE menjadi jasa pengiriman yang banyak dipertimbangkan. Selain tarifnya yang hemat, pelayanannya juga mendapat review yang baik bagi pemakainya.

Bukan hanya melayani pengiriman domestik, namun perusahaan yang masih merupakan bagian dari TIKI ini juga melayani pengiriman dari luar negeri.

JNE sendiri memiliki beberapa jenis layanan. Masing-masing menerapkan tarif yang berbeda. layanan tersebut ialah:

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) dengan estimasi pengiriman 2-3 hari
  • REG (Reguler) dengan estimasi pengiriman 1-2 hari
  • YES (Yakin Sampai Esok) dengan estimasi pengiriman 1 hari
  • SS (Super Speed)
  1. J&T Express

J&T Express merupakan Perusahaan layanan pengiriman barang, baik berupa dokumen maupun paket. J&T Express adalah perusahaan baru yang juga menggunakan IT dalam menawarkan jasanya, mereka menawarkan kelebihan berupa jemput barang. Sehingga para pelanggan tak perlu mendatangi kantor J&T jika ingin mengirimkan barang. Cukup menghubungi pihak J&T, melalui aplikasi berbasis android dan iOS atau menghubungi melalui hotline, maka petugasnya akan datang untuk menjemput barang yang akan dikirim.

J&T adalah perusahaan baru seperti halnya perusahaan pengiriman barang pendahulu mereka yaitu Pos Indonesia, JNE , Tiki, Dll. Semua fitur yang terdapat di JNE dan tiki juga terdapat di J&T Express, seperti fitur cek tarif ongkos kirim dan cek resi untuk mengetahui sudah sampai mana paket dikirim.

Jika sang pengirim barang di Pos indonesia biasa disebut pak pos, di JNE dan tiki disebut kurir maka di J&T Express sang pengantar paket disebut sebagai sprinter. Sprinter inilah yang akan menjemput dan mengantarkan barang dari dan ke alamat tujuan.

Untuk urusan biaya kirim sepertinya tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Namun mungkin karena masih baru sehingga cakupannya belum seluas JNE atau POS Indonesia yang tersedia bahkan di pelosok-pelosok. Kita tunggu saja apakah J&T express nantinya akan mampu mengalahkan perusahaan sejenis dalam urusan pelayanan dan kecepatan pengiriman barang.

 

  1. TIKI

TIKI adalah kepanjangan dari Titipan Kilat. Perusahaan ini sudah berusia pulihan tahun, yakni sudah berdiri sejak tahun 1880 silam. Dengan perkembangan yang cukup pesat, TIKI kini sudah memilki 500 kantor di Indonesia dan mampu melayani pengiriman hingga daerah terpencil sekalipun.

Akses layanan 24 jam merupakan keunggulan dari jasa ekspedisi ini. Dengan review layanan yang cukup memuaskan, maka tak heran jika pada tahun 2013, TIKI memenangi pernghargaan Top Brand Award.

Layanan jasa ekspedisi TIKI ada 5 macam, yaitu:

  • ECO (Economy Service)
  • REG (Regular Service)
  • HDS (Holiday Delivery Service)
  • ONS (Over Night Service)
  • SDS (Same Day Service)

 

  1. Wahana

Meski belum sebesar TIKI maupun JNE, namun jasa ekspedisi ini cukup banyak diminati. Salah satu keunggulannya ialah harga yang lebih hemat. Maka, bagi yang menghendaki pengiriman dalam paket yang cukup besar maka lebih menyukai jasa pengiriman Wahana.

Jenis layanan yang diberikan meliputi pengiriman lewat udara, dara, laut, serta jasa pergudangan. Namun sayangnya, belum semua daerah memiliki kantor cabang Wahana. Hanya di wilayah tertentu saja yang bisa menikmati jasa pengiriman ini.

Jumlah kantor cabangnya ada 60 di Indonesia yang juga melayani pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

 

  1. Indah Cargo

Jenis jasa ekspedisi ini masih tergolong baru, namun sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Khususnya yang suka belanja online. Nama resmi perusahaan ini ialah PT. Indah Cargo yang berdiri pada tahun 2008 lalu.

Namun sejak 2011, perusahaan berganti nama dengan PT. Indah Logistik akibat perpisahan perusahaan. Fokus perusahaan ini ialah pada bidang jasa titipan barang yang terpercaya.

 

  1. Pandu logistik

Nama Pandu Logistik belum begitu termasyur. Namun dengan dedikasi dan juga pelayanannya yang terpercaya, perusahaan jasa ekspedisi yang satu ini mulai turut bersaing dengan kompetitornya.

Jumlah kantor cabang yang dimiliki sudah mencapai 150 jumlahnya dengan ribuan karyawan di seluruh Indonesia. Bahkan kini perusahaan yang berdiri sejak  tahun 2000 ini memiliki tim di beberapa negara di dunia. Dengan demikian, maka pengiriman barang ke luar negeri pun akan makin mudah saja.

 

 

 

 

  1. Go-Kilat

Go-Jek sangat jeli dalam melihat peluang. Dengan makin populernya cara belanja online, maka perusahaan ini pun mengeluarkan layanan terbaru berupa Go-Kilat. Mereka bekerja sama dengan banyak toko online dengan penetapan tariff yang cukup bersaing.

Tidak seperti layanan jasa ekspedisi lain, Go-Kilat hanya melayani order pada jam tertentu, yaitu dari pukul 07.00 hingga pukul 15.00 saja. Pada hari libur nasional tidak melayani order pengiriman barang kilat ini.

Selain fitur ini, Go-Jek sudah lebih dulu dikenal dengan jasa pengantaran penumpang yang awalnya sempat menuai pro dan kontra. Kini ada pula fitur lain yang populer yang dikeluarkan oleh Go-Jek, yaitu Go-Food, Go-Box, Go-Car, dan beberapa fitur lainnya.

Khususnya bagi kaum urban, Go-Jek dan segala fiturnya sangat membantu. Terlebih, jasa ini memberikan lebih banyak kemudahan, mulai dari tariff hemat, hingga pengiriman kilat.

  1. SAP Express Courier

Aplikasi SAP Express sudah banyak membantu konsumen yang suka belanja online. Pasalnya, jasa ekspedisi ini sudah memiliki 80 cabang di seluruh Indonesia. Meski terbilang baru, namun SAP memiliki kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya konsumen yang memakai jasa ini. Pengguna android pun bisa lebih mudah dalam memakai aplikasi tersebut. Ditambah lagi dengan adanya garansi jika ada barang yang hilang atau rusak, maka akan diganti 100% oleh perusahaan ini sesuai dengan nilai barang.

  1. SiCepat

Berdiri sejak tahun 2014, Jasa Ekspedisi SiCepat tidak hanya berfokus pada ekspedisi darat, namun juga udara. Pihak SiCepat mengklaim, sesuai dengan namanya, SiCepat mampu mengirimkan barang mulai dari 15 jam untuk sampai dengan tujuan Jobadetabek, tentu saja dengan tarif reguler anda sudah dapat menikmati layanan 15 jam sampai dari SiCepat.

  1. Ninja Express

Jasa Exspedisi Ninja Express memang dikenal di Asia Tenggara, pada 2017 silam, Ninja Exspress melakukan ekspansi ke Indonesia. Perusahaan yang menawarjan jasa pengiriman paket secara real time ni memang memfokuskan diri untuk pengiriman transportasi darat yakni mobil dan motor, hal ini sama seperti yang dilakukan oleh Grab atau Gojek. Layanan yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi Ninja Express diantaranya, Ninja Reg, Ninja Super, dan Ninja Fast.

  1. RPX

PT Republic Express atau yang lebih dikenal dengan RPX, adalah Jasa Ekspedisi pertama yang menjadi mitra dari Jasa Ekspedisi Internasional asal Amerika Serikat yakni FedEx. Didirikan pada tahun 1985, RPX terus melebarkan sayap dan ekspansi di berbagai daerah. Kini RPX sudah memiliki 7 unit usaha sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

  1. Go Send

Bagi anda pengguna setia ojek online pasti sudah tidak asing lagi dengan Jasa Ekspedisi Go-Send. Merupakan Jasa Ekspedisi bersekala kecil dan berfokus pada pengiriman satu area ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain itu pengirim dapat melacak keberadaan paket melalui aplikasi Gojek dan layanan yang berlangsung selama 24 Jam.

  1. W-III Cargo

Jika kita membicarakan masalah ekspor impor, tentu yang ada dalam benak kita ialah urusan yang rumit. Namun kini, ada jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang dari luar negeri. Namanya ialah W-III cargo.

Khususnya bagi yang suka belanja online dari situs luar negeri, maka jasa ini merupakan yang direkomendasikan. Apalagi dengan perizinan yang jelas, makin membuat jasa yang satu ini cukup terpercaya.

Bukan hanya bagi mereka yang suka belanja online saja. W-III Cargo juag turut membantu bagi yang memiliki perusahaan internasional, para eksportir, importir, bahkan para pedagang grosir yang butuh barang dari luar negeri.

 

Sebuah mobil ekspedisi biasanya disegel ketika akan mengirimkan barang. Agar barang sampai ke tangan customer tanpa adanya pengurangan bahan. Segel platik dengan kualitas terbaik bisan diorder ke segelplastik.com

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web